Lewat ke baris perkakas

Kwarcab Kota Tegal Latih Puluhan Calon Pembina Gugus Depan Mantap

Bidang Bina Satuan Bidang Binamuda Bidang Binawasa Bidang Humas & Abdimas Bidang Sekretariat

TEGAL,  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tegal akan membentuk Gugus Depan Mantap. Gugus Depan Mantap itu berpangkalan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan tersebar secara proporsional di Kota Tegal.

Hal tersebut dikatakan Ketua Kwarcab Kota Tegal yang juga Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M. saat membuka Kursus Pengelola Gugus Depan Kwartir Daerah Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kwartir Cabang Kota, Senin (2/11).

Kak MJ menyebut sesuai rencana kerja Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2019-2023 menetapkan 7 misi yang harus dicapai, salah satunya memantapkan kualitas Gugus Depan sebagai ujung tombak pembinaan Kepramukaan.

Oleh karenanya, menjadi suatu keharusan bagi Kwacab Kota Tegal membuat program strategis. Strategi yang diterapkan adalah membentuk Gugus Depan Mantap. Gugus Depan Mantap, kata Jumadi, merupakan postur gugus depan pramuka yang mempunyai keunggulan dan kekuatan dibidang manajemen dan administrasi, SDM, keuangan dan sarana  prasarana, kegiatan, prpses, prestasi, kemitraan dan kehumasan.

“Dengan begitu, dengan Gugus Depan Mantap akan terwujud anggota pramuka yang berkualitas, percaya diri dan diyakini mempunyai karakter, kebangsaan, kecakapan, daya saing dan kepedulian yang baik,” imbuh Kak MJ.

Secara tegas Kak MJ mengingatkan agar Pramuka Kota Tegal tidak bosan untuk senantiasa mengeduasi masyarakat  disiplin protokol kesehatan. Jangan menyepelekan dan jangan takut berlebihan. Jangan stress karena dapat menurunkan imunitas, istirahat yang cukup.

Kak MJ berpesan, agar pramuka menjadi garda terdepan edukasi masyarakat, keluarga, lingkungan sekitarnya bahwa pandemi belum berakhir. Selanjutnya dihadapan peserta kursus, Jumadi berharap, apa yang telah diberikan dalam pelatihan ini, nantinya dapat ditularkan kerekan rekan lain maupun kepada masyarakat dalam berkehidupan.

Kegiatan itu diikuti Pembina Pramuka sejumlah 70 orang. Hadir dalam upacara pembukaan Perwakilan, Pelatih dari Pusdiklatda Kwartir Daerah Jawa Tengah Kak Nurdiningsih dan jajaran Pengurus Kwarcab Kota Tegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *