Lewat ke baris perkakas

Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwartir Cabang Kota Tegal Gelar Renungan dan Ulang Janji

Bidang Binamuda Bidang Binawasa Bidang Humas & Abdimas Bidang Orhum Bidang Sekretariat Dewan Kerja Cabang

TEGAL – Pelaksanaan Renungan dan Ulang Janji Peringatan Hari Pramuka ke-59 Kwartir Cabang Kota Tegal digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal, Kamis (13/8/2020) malam.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wali Kota Dedy Yon Supriyono sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Wakil Wali Kota M. Jumadi  serta jajaran Forkopimda Kota Tegal.

Dedy Yon menyampaikan bahwa renungan suci dan ulang janji pramuka tersebut mempunyai makna yang mendalam. Bukan hanya seremonial maupun formalitas semata.

‘’Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk diambil maknanya bagi kita semua seluruh anggota Gerakan Pramuka. Apalagi kegiatan ini kita lakukan di hadapan para pahlawan yang telah berkorban jiwa raganya untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

“Renungan yang bisa kita rasakan bersama pada malam hari ini, kita ingin terus kobarkan semangat juang para pahlawan melalui karya dan pembangunan untuk Kota Tegal ini,” tambah Dedy.

Dedy Yon menjelaskan, sebagai anggota pramuka mengajak untuk semua Pramuka Kota Tegal untuk luruskan arah kehidupan ke arah Satya dan menjalankan kesepuluh Dharma Pramuka dengan sungguh-sungguh agar hidup menjadi bermakna bukan saja pada diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

‘’Saya mengucapkan terima kasih kepada para Adik-adik Penegak, Pandega dan Pembina serta Kakak Andalan  utusan dari masing-masing Kwaran Gerakan Pramuka se-Kota Tegal dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal yang telah bekerja keras serta pengabdian dan pengorbanannya,” pungkas Dedy.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Pramuka M. Jumadi mengukuhkan Pembina Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) dan melantik Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) serta melantik Pengurus Kwartir Ranting Tegal Barat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal.

Jumadi menyampaikan bahwa pendidikan non formal yang menjadi ciri utama Gerakan Pramuka, berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan. Untuk mencapai maksud tersebut dilaksanakan kegiatan kepramukaan yaitu proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan di alam terbuka.

“Sebagai pengemban tugas negara melakukan pembinaan terhadap generasi muda, seyogyanya Gerakan Pramuka mendapatkan perhatian dan dukungan sumber daya yang memadai,’’ ujar Jumadi.

Jumadi juga menyampaikan bahwa sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga, Gerakan Pramuka sebenarnya memiliki banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda.

Sehari sebelumnya, Kwarcab Kota Tegal juga menggelar ziarah dan tabur bunga jelang peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilakukan serentak di empat Kwarran se-Kota Tegal, salah satunya ziarah para tokoh Pramuka di Makam Cleret, Rabu (12/8/2020).

https://panturapost.com/peringati-hari-pramuka-ke-59-kwartir-cabang-kota-tegal-gelar-renungan-dan-ulang-janji/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *