Lewat ke baris perkakas

Kak Dedy Yon Pimpin Malam Renungan dan Ulang Janji Pramuka Kota Tegal

Bidang Sekretariat

Tegal – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus, Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal menggelar malam renungan suci dan ulang Janji sekaligus Tasyakuran di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu. Selasa (13/8) malam. Memimpin langsung jalanya prosesi Malam Renungan dan Ulang Janji Pramuka Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono,SE selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab). Tidak hanya Walikota Tegal, kegiatan tersebut juga disaksikan langsung Ketua Kwartir Cabang Kota Tegal (Kwarcab) terpilih Muhammad Jumadi, ST.MM yang tidak lain Wakil Walikota Tegal, Forkopimda beserta jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Melibatkan ratusan anggota pramuka dari tingkat siaga hingga penegak, prosesi renungan suci dan ulang janji pramuka di awali pengucapan Ikrar Dasadarma Pramuka oleh 10 anggota pramuka dengan menyalakan obor dilanjutkan pembacaan Janji Tri Satya Pramuka yang dipimpin langsung Walikota Tegal. Seluruh prosesi dilaksanakan dengan suasana khidmat dengan hanya menggunkan lilin dan obor sebagai media penerangan Kepada ratusan anggota pramuka yang hadir, Dedy Yon kemudian menceritakan bagaimana sejarah lahirnya pramuka hingga tokoh pendiri pramuka Robert Boden Powel dan Agnes Bodin Powel hingga perkembangan awal pramuka di Indonesia sampai terbentuknya nama Gerakan Pramuka di era Presiden Sukarno.  Guna makin membangkitkan jiwa semangat pramuka yang hadir, Dedy yon juga menjelaskan arti logo yang Tunas Kelapa dalam Pramuka yang dikatakannya memiliki makna sebagai tunas atau bibit dari sebuah generasi yang siap untuk membela nusa dang bangsa.

Selain itu, dipilihnya pohon kelapa sebagai logo juga tidak lepas dari manfaatnya “Satu-satunya pohon yang seluruh bagiannya dapat berdaya guna, dari mulai daun hingga akar semua memiliki manfaat ya pohon kelapa,”ucapnya. Karena itu, dari berbagai filosofi yang terkandung di pramuka,Dedy yon berharap anggota pramuka dapat memiliki berbagai manfaat seeprti layakanya pohon kelapa. Terakhir walikota berpesan agar tidak hanya aktif di pramuka sampai level sekolah menengah (Penegak), namun juga harus aktif di tingkat perguruan tinggi (Pandega).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *